Selasa, 23 April 2019

Apa Perbedaannya? Tepung Sagu versus Tepung Tapioka serta Manfaatnya

Anda mungkin seringkali bingung waktu temukan bungkus tepung di dapur. Sesaat yang diingat cuma sempat beli tepung sagu serta tapioka. Duh, yang manakah tepung sagu serta yang manakah tepung tapioka ya?

Mungkin anda pun bingung dalam memperbedakan ke-2 tepung itu. Memang dari penampilan dikit susah untuk membedakannya. Tetapi ke-2 tepung ini jelas sekali berlainan. Yuk, baca ciri serta bedanya berikut ini, agar tidak salah gunakan.

1. Bahan asal
Tepung sagu serta tapioka sama-sama kelompok ‘pati’ yang bermakna bebas gluten. Pas dikonsumsi buat yang berdiet gluten-free atau menanggung derita celiac disease. Walau serupa, butuh diingat jika kedua-duanya berasal berbahan yang berlainan.

Tepung sagu terbuat dari pohon sagu, sesaat tepung tapioka terbuat dari singkong. Tepung sagu ialah hasil proses pengeringan dari endapan sisi tengah pohon sagu yang awal mulanya sudah dihaluskan serta digabung air. Sedang tepung tapioka atau tepung kanji ialah hasil pengeringan dari pati singkong.

2. Kenampakan
Tepung sagu mempunyai warna putih susu dengan struktur yang garing serta kesat. Sedang tepung tapioka berwarna putih bersih dengan struktur yang licin.

3. Manfaat dalam masakan
Tepung sagu serta tapioka saling berperan untuk memberi struktur kenyal pada olahan basah serta struktur renyah pada olahan kering.

Tepung sagu biasa dipakai dalam adonan pempek, bakso, siomay, kue sagu keju, serta selendang mayang. Selain itu, tepung tapioka seringkali dipakai untuk bikin cireng, kerupuk, rempeyek, serta ronde. Sebab warnanya bening, tepung tapioka pun seringkali jadikan bahan pengental dalam bermacam tumisan.

4. Situasi di market
Harga tepung sagu relatif tambah mahal dibanding tepung tapioka/kanji. Bila anda memerlukan tepung sagu dalam memasak, tepung sagu Merbabu Sagu Tani (lihat di Lazada PROMO) dapat jadikan pilihan. Merbabu Sagu Tani mempunyai kualitas yang baik, pas jadikan kombinasi untuk membuahkan gorengan yang renyah serta garing.

Tepung tapioka berharga lebih ekonomis serta gampang didapat. Dari mulai paket curah tanpa ada cap sampai dalam paket bermerek seperti Rose Merek, Cap Tani, Gunung Agung, serta Cincin Mas.

Sebab sifat-sifatnya diatas, tepung tapioka/kanji seringkali dipakai menjadi alternatif tepung sagu. Namun saja ada banyak olahan yang mempunyai hasil terunggul jika menggunakan tepung sagu seperti kue sagu keju serta pempek. Jadi balik lagi, cocokkan type tepung dengan olahan yang akan anda bikin


Tags :

bm

Admin

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Admin
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

Posting Komentar