Jumat, 31 Januari 2020

Tepung Kentang dan Kentang Murni / fresh potato

Tepung kentang ialah tepung yang diekstrak dari kentang. Sel dari akar umbi dari tanaman kentang memiliki kandungan butiran tepung (leukoplas). Untuk mengekstrak tepung itu, kentang dihancurkan; butiran tepung dikeluarkan dari sel yang sudah hancur. Tepung itu selanjutnya dicuci serta dikeringkan jadi bubuk.
Langkah mencegah tetap seringkali konsumsi tepung kentang dengan mengubah nya dengan kentang yang murni atau kentang fresh.

Kentang Murni / fresh
Kentang adalah tanaman umbi-umbian serta termasuk tanaman berusia pendek. Tumbuhnya berbentuk menyemak serta menyebar serta mempunyai tangkai berupa sisi empat. Tangkai serta daunnya berwarna hijau kemerahan atau berwarna ungu. Umbinya bermula dari cabang samping yang masuk ke tanah, yang berperan jadi tempat simpan karbohidrat hingga memiliki bentuk membengkak. Umbi ini bisa keluarkan tunas serta nanti akan membuat
cabang yang baru (Aini, 2012).

Taksonomi tanaman kentang pada umumnya bisa diklasifikasikan seperti berikut:
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Tubiflorae
Famili : Solanaceae
Genus : Solanum
Spesies : Solanum tuberosum L.
(Sharma, 2002).

Kentang terbagi dalam beberapa macam serta bermacam varietas. Beberapa jenis itu mempunyai ketidaksamaan bentuk, ukuran, warna kulit, daya taruh, formasi kimia, karakter pemrosesan serta usia panen. Berdasar warna kulit serta daging umbi, kentang terbagi dalam tiga kelompok yakni kentang kuning, kentang putih, serta kentang merah. Kentang kuning mempunyai beberapa varietas yakni varietas Pattrones, Katella, Cosima, Cipanas, serta Granola. Kentang putih mempunyai
varietas Donata, Radosa, serta Sebago. Varietas kentang merah yakni Red Pontiac, Arka serta Desiree. Tipe kentang yang paling disukai ialah kentang kuning yang mempunyai rasa yang enak, gurih, empuk, serta sedikit berair (Aini, 2012).

Karakter kentang yang bisa diproses ialah kentang yang mempunyai kandungan zat padat yang tinggi, struktur, warna, kandungan gula rendah, khususnya gula-gula pereduksi, tingkat kemasakan yang lanjut, relatif bebas dari penyakit, serta kehilangan pengupasan yang rendah. 

Kentang dengan kandungan zat padat
yang tinggi biasanya membuahkan beberapa produk pengeringan yang memiliki struktur bertepung. Kandungan zat padat yang tinggi diharapkan juga untuk keripik kentang atau pati kentang (Pantastico, 1993).

Formasi Kimia Kentang
Kentang memiliki kandungan mineral natrium dengan kandungan alkalin yang cukup tinggi serta bisa berperan untuk tingkatkan pH yang begitu asam di badan. Ini akan membuat kegiatan hati jadi lebih baik, jaringan jadi elastis, serta otot jadi lentur. membuahkan keluwesan badan serta bermanfaat untuk proses peremajaan. Disamping itu, baik untuk penyembuhan jantung serta bisa
juga dipakai untuk penyembuhan catarrhal (penyakit hidung tenggorokan yang membuat hidung tetap beringus). Kandungan protease inhibitornya yang tinggi bisa menetralisir virus-virus khusus serta menghalangi serangan kanker
(Hidayah, 2009).

Kentang salah satunya pangan penting dunia sesudah padi, gandum serta jagung yang bisa jadikan sumber karbohidrat serta berpotensi dalam program penganekaragaman pangan. Kentang bisa diproses jadi camilan seperti keripik, dodol, donat, serta perkedel. Kentang bertindak jadi sumber nutrisi sebab memiliki kandungan vitamin B, C serta beberapa vitamin A (Imran, 2011)


Tags :

bm

Tepung

Seo Construction

I like to make cool and creative designs. My design stash is always full of refreshing ideas. Feel free to take a look around my Vcard.

  • Tepung
  • Februari 24, 1989
  • 1220 Manado Trans Sulawesi
  • contact@example.com
  • +123 456 789 111

1 Reviews:

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus